Tentang Pipa PVC

 

Pipa PVC atau pralon, yang biasanya kita kenal dalam bahasa sehari2 adalah pipa Poly Vinyl Chloride – yang terbuat dari bahan synthetic plastik polimer.

Bahan PVC ini banyak digunakan dikarenakan harga yang murah, ringan,  kuat, tahan terhadap bahan kimia, matahari, dan tahan korosi.

Pipa PVC yang ada di Indonesia kebanyakan diproduksi berdasarkan standard JIS. Ada 3 tipe berdasarkan standard JIS dan mereka dibedakan menurut ketebalan jenisnya. Panjangnya pada umumnya adalah 4 meter. Selain itu, juga tersedia warna putih atau abu2.

Tipe Pipa PVC :

  • Pipa AW – dengan dinding paling tebal, mampu menahan tekanan s/d 10 kg/cm2. Digunakan untuk saluran air yang bertekanan, dari pompa.
  • Pipa D – dengan dinding tidak terlalu tebal, mampu menahan tekanan s/d 5 kg/cm2. Digunakan untuk saluran pembuangan air rumah tangga, atau pembuangan ke septic tank.
  • Pipa C – dengan dinding tipis. Hanya bisa digunakan untuk buangan air, tidak bisa untuk bertekanan dan pada umumnya hanya sebagai pelindung saja – contohnya pelindung kabel listrik.

 

Applikasi / Kegunaan :

  • Digunakan untuk pendistribusian air bersih bertekanan, saluran irigasi, saluran pembuangan air, limbah, rumah tangga, dll
  • Digunakan untuk pelindung instalasi kabel listrik (contohnya pipa ukuran C 5/8)

 

Merk :   Trilliun, Wavin Rucika, Vinlon, Winilon

Untuk info produk, bisa langsung ke halaman product kami