Apakah cara mensteril dengan menggunakan UV efektif untuk membunuh virus dan bakteri ?

Seberapa efektifkah UV Sterilisasi ? Apakah bisa berguna untuk membunuh bakteri dan virus ? Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan banyak orang.

Jika anda belum mengetahuinya, lampu UV sudah digunakan banyak untuk sterilisasi dan disinfektan sejak tahun 1900-an. Dengan berkembangnya teknologi dan perkembangan di bidang bola lampu khususnya bola lampu UV, lampu UV ini menjadi lebih bisa dipakai untuk waktu yang lama (long life span) dan juga ukuran yang semakin kecil; membuat lampu UV ini dipakai di berbagai bidang. Sekarang banyak digunakan untuk disinfektan air, buah, sayuran, alat2 kedokteran, komputer, mainan dan berbagai permukaan.

Apakah UV sterilisasi efektif untuk membunuh virus dan bakteri ? Jawabnya adalah iya. Sudah dilakukan penelitian bahwa UVC dengan panjang gelombang di 254nm efektif untuk semua patogen makanan, microbiota natural, jamur dan ragi. Tetapi karena organisme2 ini berbeda ukuran dan bentuk, maka dibutuhkan waktu yang berbeda untuk membunuh tiap2 organisme ini.

Bagaimana caranya UV mensterilkan sesuatu ? UV mensterilkan sesuatu dengan cara memecahkan struktur kimia dan mengacaukan struktur DNA, RNA dan protein, sehingga menyebabkan organisme tidak bisa berkembang / multiplikasi. Ketika organisme tersebut sudah tidak bisa multiplikasi / memecah belah, maka organisme tersebut dianggap mati karena tidak dapat berproduksi di dalam inangnya dan sudah tidak lagi menyebabkan infeksi.

Apa ada efek samping dari UV Sterilisasi ? Ada. Sinar UVC berbahaya bagi manusia. Maka dari itu sterilisasi dilakukan dengan menggunakan lampu UVC dengan proteksi. Juga harus menghindari sinar langsung UVC, terutama ke mata dan kulit. Jika terlalu lama kulit terkena sinar UV, bisa menyebabkan kulit terbakar dan kanker kulit pada manusia.

Bagaimana penggunaan UVC yang seharusnya ? Perlu diingat bahwa sinar UVC bekerja di jalur cahayanya saja dan bisa di blok dengan obyek. Karena itu hanya bekerja di permukaan saja. Dengan menggunakan beberapa lampu atau pantulan sinar dari permukaan, bisa meminimalisasi isu tersebut. Sinar bisa di buat dari beberapa sudut yang berbeda.

Apa keuntungan menggunakan UV sterilisasi ? Penggunaannya sangatlah mudah. Anda tinggal memasukkan barang yang ingin di sterilisasi ke dalam box. Karena sama sekali tidak ada bahan kimia yang digunakan, sehingga tidak perlu mengkhawatirkan sisa-sisa bahan kimia.

 

Referensi : https://abionline.com/is-uv-sterilization-effective-for-viruses-and-bacteria/

6 Juni 2020